“Spektakuler! Pertama Kalinya di Medan, SMKN 9 Laksanakan Ujian Semester Berbasiskan Komputer”

SMK Negeri 9 Medan mulai semester genap tahun 2018 ini melaksanakan ujian menggunakan komputer atau biasa dikenal dengan istilah Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK). Ujian berbasis komputer ini lebih hemat biaya, efektif dan efisien karena tidak menggunakan kertas, pelaksanaan dapat lebih jujur, serta hasilnyapun lebih cepat diperoleh. Dan yang terpenting adalah untuk membiasakan siswa menggunakan komputer dalam menghadapi ujian nasional berbasiskan komputer (UNBK) nantinya.

Dalam pelaksanaannya, USBK berbeda dengan sistem  ujian semester berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Dengan adanya perubahan sistem ujian ini dapat mendorong seluruh siswa untuk meningkatkan literasinya terhadap TIK (Teknik Informasi dan Komunikasi).

Untuk mensukseskan pelaksanaan USBK  pihak sekolah telah membentuk tim yang terdiri dari Programer dan Networking. Tim ini bertugas menyiapkan seluruh kebutuhan sistem USBK mulai dari segi program maupun infrastruktur jaringan. Program USBK ini didesain oleh Novelman Manurung, ST yang juga adalah guru RPL SMK Negeri 9 Medan dengan tampilan persis seperti layaknya UNBK baik dari segi interface maupun konektifitasnya yang bersifat realtime.

Dalam segi infrastruktur jaringan USBK saat ini menggunakan system server terpusat, dimana terdapat  satu server utama yang melayani 320 unit komputer client yang ditempatkan ke dalam 8 lab komputer, masing-masing lab terdiri dari 40 Komputer yang terintegrasi dengan Server Pusat USBK SMK Negeri 9 Medan.

Dalam persiapan menghadapi USBK tahun ini SMK Negeri 9 Medan telah melaksanakan simulasi ujian sebanyak 2 kali tanpa kendala berarti. Kalaupun ada kekurangan dan kelemahan dalam sistem sudah dapat diatasi dan diperbaiki.

Tahun 2018 ini sejumlah 1159 siswa mengikuti  USBK yang terdiri dari kelas X dan kelas XI dari 5 program keahlian yaitu :

  1. Perawatan Sosial
  2. Teknik Komputer Jaringan
  3. Rekayasa Perangakat Lunak
  4. Disain Komunikasi Visual
  5. Animasi
  6. Multimedia

Untuk kelancaran ujian maka waktu pelaksanaan dibuat 8 Sesi sebagai berikut :

Sesi 1                     : 07.30-08.20

Sesi 2                     : 08.25-09.15

Istirahat               : 09.15-09.40

Sesi 3                     : 09.40-10.30

Sesi 4                     : 10.35-11.25

Sesi 5                     : 13.30-14.20

Sesi 6                     : 14.25-15.15

Istirahat               : 15.15-15.50

Sesi 7                     : 15.50-16.40

Sesi 8                     : 16.45-17.35

Untuk semester ganjil tahun depan pihak sekolah merencanakan kelas XII sudah bisa ikut dalam USBK, untuk semester ini kelas XII tidak lagi mengikuti USBK dikarenakan sudah selesai ujian Nasional sehingga tidak ada kendala untuk peralatan terutama komputer. Untuk pelaksanaan USBK semester depan pihak sekolah akan menambah kekurangan komputer yang belum di alokasikan untuk kelas XII ujar Drs. Kaswardi selaku PLT Kepala SMK Negeri 9 Medan, perlu dukungan dan usaha serta kerja sama untuk semua pihak dalam mensukseskan USBK semester depan. Pihak sekolah mengucapkan terima kasih kepada seluruh tiem dan paniti USBK yang sudak bekerja keras dalam kegiatan ini.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *