Hebat!!! SMK Negeri 9 Medan Sapu 3 Juara sekaligus dalam Contes Robot Sumo

Tim Robotik SMK Negeri 9 Medan kembali menorehkan prestasi, diajang kontes Robot Sumo-(Under 1 Kg) yang digelar pada 22 September 2018 di Lab Studio Kampus Universitas Potensi Utama. Kontes ini di ikuti oleh 20 tim setingkat SMK/SMA/MA se Sumatra Utara.

Dalam kontes tersebut para peserta ditugaskan merancang robot yang mengadopsi Robot Sumo, dimana Robot sumo ini harus mendorong lawannya hingga keluar arena, apabila robot tersebut berhasil mendorong lawannya keluar arena maka robot tersebut dinyatakan menang.

Dosen Teknik Informatika Universitas Potensi Utama dan sekaligus ketua dewan juri kontes robot sumo, bapak Iwan Fitrianto Rahmad, M.Kom, menuturkan bahwa konten robot sumo memang baru pertama digelar di kota Medan dan beliau juga merasa bangga karena antusias peserta juga sangat tinggi sedikitnya 20 peserta yang tampil sekaligus memeriahkan acara tersebut. Kontes Robot Sumo di Kampus Universitas Potensi Utama sendiri memberikan hadiah-hadiah menarik seperti medali serta total uang tunai sebesar Rp 6.000.000,-.

Pada Kontes Robot Sumo kali ini Juara 1 dimenangkan oleh SMKN9 Medan dengan nama Robot “ZERO TWO” dan Juara 2 dimengakan oleh SMKN9 Medan juga dengan nama robot “ ISCHYOS” sedangkan Juara 3 dari sekolah yang sama juga SMKN9 Medan dengan nama Robot “ AFTO-R05” Sedangkan kategori desain terbaik dimenangkan oleh SMA Prime One Schoole dengan nama robot “ANONYMOUS” dan Algoritma Terbaik dimengkan oleh SMK Telkom Medan dengan nama Robot “ROBOSTEL-2”.

Dalam perlombaan ini SMK Negeri 9 Medan mengutus 4 Tim dari Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di bawah binaan Bapak Ardiasnyah, ST selaku ketua jurusan RPL SMK Negeri 9 Medan, adapun siswa-siswi yang sudah mengharumkan nama SMK Negeri 9 Medan itu adalah

  1. Johan (XII RPL 1) dengan nama Robot Zero Two
  2. Putra Agasti (XII RPL 2) dengan nama Robot ISCHYOS
  3. Triska ( XII RPL 1) dengan nama Robot AFTO-R05)
  4. Wirobot

Ini bukan kali pertamanya SMK Negeri 9 Medan mengukir prestasi di dalam perlombaan Robot, tahun yang lalu Tim Robot SMK Negeri 9 Medan juga meraih prestasi dalam dunia robotik  Line Follower Robot Contest season 2 yang berhasil meraih juara III yang di ikuti oleh 3 Tim Robot dari SMK Negeri 9 Medan yaitu Ace Dariyan pesertanya M. Novrian Nasution, Wan Muhammad Erlangga, team Ace Two yakni Teddy Setiady, Tunas Jaya dan team Ace Alpha yakni Tamara Ayuni, Ermita Handayani.

Dan saat ini TIM Robot SMK Negeri 9 Medan sedang mempersiapakan diri dalam  lomba Line Follower Robot Contes yang akan dilaksanakan Oleh Millenium ICT benerja Sama dengan Universitas Potensi Utama yang akan diselenggarkan pertengahan desember 2018, kami mohon dukungan dan doa untuk bisa kembali mengikuti lomba tersebut ujar Ardiansyah, ST selaku pembimbing utama Tim Robotik SMK 9 Medan.

Semoga TIM Robot SMK Negeri 9 Medan bisa berkopetisi diajang nasional dan internasional dimasa yang akan datang.

 

 

 

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *