SMK Negeri 9 Medan Melaksanakan Sosialisasi SMK Pusat Keunggulan

SMK PK merupakan salah satu program prioritas dari Drektorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbud Tahun 2021 ini, SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) ini adalah upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja, yang tentunya diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan DUDI, plus adanya pemerintah daerah setempat serta perguruan tinggi vokasi sebagai pendamping, dan tujuannya antara lain menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Dalam Kegiatan kali ini SMKN 9 Medan melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan workshop penyusunan Program SMK Pusat Keunggula atau SMK PK, seperti yang diketahui Bersama bahwa SMK PK ini adalah salah satu program dari Ditjen Vokasi yang di peruntukkan bagi SMK yang memiliki kompetensi yang unggul dibidangnya, tentu saja penetapan SMK PK ini memiliki kriteria tertentu dan Alhamdulillah SMKN 9 Medan menjadi salah satu SMK yang terpilih di Sumatera Utara dalam Program SMK PK yang berjumlah 900 SMK se Indonesia dengan harapan SMKN 9 Medan bisa mengimbaskan ke SMK-SMK lainnya yang ada di Sumatera Utara

Untuk kali ini jurusan yang di fokuskan untuk SMK PK ini adalah jurusan Perawatan Sosial

Kenapa demikian karena jurusan tersebut sudah memiliki kriteria yang menjadi prasyarat SMK PK, dan pula karena Program SMK PK ini merupakan lanjutan dari Program sebelumnya yaitu Program Revitalisasi dan Program Center Of Exellence.

Pada kegiatan ini, SMKN 9 Medan menggandeng Universitas Negeri Medan yang di tunjuk mendampingi SMKN 9 Medan pada program SMK PK yang dihadiri oleh ibu Dr. Ir. SYAFIATUN SIREGAR, S.T.,M.T.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala SMKN 9 Medan, Bapak Sukardi, S.Pd, MM, dan di lanjutkan dengan pemaparan dari beberpa narasumber yang hebat-hebat, sehingga peserta mendapatkan tambahan pengetahuan tentang program SMK PK

Harapannya dengan adanya program SMK PK ini, SMKN 9 Medan semakin baik,semakin keren dan terdepan, dan bisa bersaing dalam mewujudkan era industry 4.0, dapat menghasilkan peserta didik yang terampil dibidangnya sehingga bisa terserap di dunia kerja nantinya, serta siap berwirausaha.

Di hadiri oleh Kepala Bidang SMK Dinas Provinsi Sumatera Utara yaitu Bapak ICHSANUL ARIFIN SIREGAR, S. STP Hal yang menjadi catatan dari penyampaian beliau adalah Peningkatan Karakter siswa dan Pelaksanaan Visi Misi SMKN 9 Medan yang telah di kobinasikan dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai Progres Kurikulum Paradigma baru yang mulai di berlakukan untuk SMK PK pada Tahun ajaran ini.

Menurut Kepala Bidang SMK, bagaimana mengoptimalkan Dunia Usaha dan Industri, serta Menyusun kurikulum yang bisa menjembatani SMK yang sesuai dengan dunia Usaha dan dunia industry, dengan mengkombinasikan dengan kurukulum Nasional, agar semuanya bisa selaras dan sesuai dengan Tujuan Pendidikan yang di cita-citakan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *