Tingkatkan Promosi Sekolah, SMKN 9 Medan Ikuti Workshop Digital Marketing

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menggandeng Dyandra Academy mengadakan Workshop Social Media Marketing Batch 14 bagi Guru SMK Pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan dengan Materi Digital Marketing Strategy dan Social Media Marketing bertempat di Hotel Novotel Jakarta Mangga Dua Square tanggal 15 November sampai dengan 20 November 2021.

Acara yang dibuka langsung oleh Koordinator Penyelarasan SDM Pendidikan Vokasi Bapak Sulistio Mukti Cahyo, SE.,MBA serta Bapak Rumpoko Hadi, Direktur Dyandra Academy.

Tema workshop ini adalah SMK Cakap Digital. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan promosi sekolah dan mendukung manajemen sekolah berbasis teknologi informasi bagi SMK yang telah ditetapkan sebagai pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

SMKN 9 Medan mengirimkan dua orang gurunya yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan Bapak Ramzil Gempita Hidayat, S.Pd, MPd.T dan  guru pengelola konten media sosial Muhammad Pakpahan, S.Kom.

Materi yang diberikan dalam workshop digital marketing ini antara lain: Digital Marketing dan Content Marketing, Create Great Content, Video Marketing and Podcasting, Copywriting Bloging and SEO, Instagram, Tiktok, Website, E-mail Marketing,Google Analytics,Youtube, Facebook dan Twitter.

Secara garis besar Digital Marketing adalah tentang 3 hal yaitu Earned atau Review testimony, Comment,Mention; Paid meliputi Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads (SEM&GDN), You Tube Ads influencers. Owned meliputi Website Social Media (Facebook,Instagram,YouTube).

Adapun jadwal kegiatan workshop sangatlah padat.  Kegiatan dimulai pukul 09.00 hingga pukul 20.30 WIB.  Meski melelahkan, namun materi yang disajikan sangatlah bermanfaat.  Mulai dari pembuatan content planning, cara mempromosikan sekolah melalui platform Instagram, Tiktok, Facebook, Youtube dan website sekolah dengan konten dan tampilan yang menarik dan meyakinkan. Berbagai platform tersebut digunakan untuk berbagi informasi mengenai kompetensi keahlian, jurusan, keunggulan dan prestasi yang ada di sekolah.

Ramzil Gempita Hidayat, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan mengatakan kegiatan Workshop ini sangat luar biasa, semua peserta mendapat pengetahuan baru, khususnya dalam penggunaan media sosial untuk promosi kegiatan yang ada di sekolah. Dengan Digital Marketing, maka dapat mengenalkan kualitas pendidikan dan kualitas fasilitas sekolah sehingga siswa/i  lulusan SMP dapat tertarik untuk melanjutkan sekolahnya di SMKN 9 Medan.

Menerapkan strategi digital marketing merupakan langkah yang tepat bagi sekolah untuk menjangkau target lebih luas, sehingga besar kemungkinan untuk mendapatkan peserta didik dengan mudah. Selain itu, digital marketing juga sangat mendukung dalam meningkatkan branding sekolah dengan memanfaatkan ragam platform media sosial. Sehinggan SMKN 9 Medan akan lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas baik itu dalam daerah maupun luar daerah sekalipun.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *