Penyelarasan Kurikulum Implementasi Link and Supermatch SMK Pusat Keunggulan SMKN 9 Medan

SMKN 9 Medan adakan program workshop Implementasi Link and Supermatch, penyelarasan kurikulum sebagai wujud komitmen untuk melaksanakan program SMK Pusat Keunggulan. Sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI No. 165/M/2021 tentang program sekolah menengah kejuruan Pusat Keunggulan bahwa SMK Pusat Keunggulan melaksanakan kemitraan Link and Super Match secara menyeluruh sesuai kesepakatan dengan dunia kerja. Acara diselenggarakan pada tanggal 12 Desember 2021 secara luring di ruang guru SMK Negeri 9 Medan.

Kegiatan workshop Penyelarasan Kurikulum di SMK Negeri 9 Medan dibuka secara resmi oleh Kepala SMKN 9 Medan Sukardi, S.P.d, MM didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri Ramzil Gempita Hidayat, S.P.d, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Novelman Manurung, ST dan Konsultan Pendidikan Tut Wuri Handayani Sumatera Utara, Dra. Hj. Ermidawati, M.Pd.

Sukardi, S.Pd, MM, Kepala SMKN 9 Medan menjelaskan bahwa tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah agar kurikulum SMK sesuai tuntutan dan budaya kerja yang berlaku di DUDIKA, sehingga lulusan SMK memiliki kompetensi dan etos kerja yang sesuai dengan kebutuhan DUDIKA serta menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan, pengetahuan, dan etos kerja sesuai standar industri.

“Harus ada perubahan pada konsep  kerjasama  SMK  dengan industri terutama pada kurikulumnya, sehingga ada win-win solution dimana SDM yang dibutuhkan DUDIKA dan yang di sediakan sekolah “match”, oleh karena itu diadakan Workshop Link and Supermatch”, tambah kepala SMKN 9 Medan Sukardi, S.Pd, MM.

Kegiatan dilaksanakan dengan rangkaian acara sambutan pengantar penyelarasan kurikulum, penandatanganan MoU, cara penyusunan capaian pembelajaran  dan bahan ajar, penyusunan capaian pembelajaran, penyusunan bahan ajar. Kegiatan dilakukan dengan model berkelompok dimana masing-masing jurusan didampingi oleh DUDIKA.   

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 30 orang peserta termasuk didalamnya 6 perwakilan DUDIKA diantaranya dari Semut Advertising, PT Literasia Edutekno Digital, PT. DreamArch Animasi Utama, Panti Jompo FO Shi An, CV. Digital Global Network dan Indigo Space Medan.

“SMK diberi keleluasaan memilih DUDIKA untuk melatih siswanya, dengan harapan siswa tersebut mempunyai skill yang nantinya bisa digunakan di Dunia Kerja”, terang Anditya, ST Pimpinan PT DreamArch Animasi Utama.

Setelah paparan materi, acara dilanjutkan dengan diskusi bersama DUDIKA di masing-masing program keahlian. (Tim Humas)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.